Jumat, 19 Maret 2010

Pemandian air panas Sangkanurip Alami


Wisata Pemandian air panas Sangkanurip Alami 
Alamat : Jl. Sangkanurip
Kecamatan : Cigandamekar
Jenis Wisata : Rekreasi dan Terapi Kesehatan

Daya Tarik : Kolam Renang air Panas dan Dingin, Pemandian

Jarak Tempuh : 50 m dari jalan raya gerbang sangkanurip





Pemandian air panas Sangkanurip adalah sebuah tujuan wisata di Jawa Barat. Letaknya di desa Sangkanurip, kecamatan Cigandamekar, sekitar 12 km dari arah Kuningan ke utara atau ± 23 km dari kota Cirebon ke selatan. Sangkanurip alami adalah tempat rekreasi dengan pemandian air panas alami beryodium bersuhu 36°C, kaya akan mineral dan mikro organisme baik dalam kamar tertutup maupun kolam air panas terbuka serta kolam air dingin. Kadar yodium yang cukup tinggi tersebut, sangat berkhasiat bagi penderita sakit rematik, penyakit kulit dan penyakit lainnya.
Di sekitar Sangkanurip tersedia hotel melati maupun berbintang dengan spa-nya (sante par aqua - sehat dengan air) serta restoran yang terkenal dengan ikan bakarnya. Di Grage Sangkan dan Tirta Sanita terdapat fasilitas untuk terapi kebugaran spa. Dengan menggunakan teknologi modern, dilakukan pemeliharaan air secara khusus dan juga tersedia beberapa fasilitas termasuk bubble area, geyser, back jet, jet stream, leg jet and air terjun. Manfaat Spa antara lain meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kolesterol, mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme dan memproduksi sel-sel baru.

Lingkungan Alam Fisik
Sangkanurip Alami terletak di Sangkanurip, Kec. Cigandamekar. Konfigurasi umum Dangkanurip lahan ini berbukit-bukit, dengan kemiringan lahan agak curam, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, serta kualitas lingkungan cukup baik. 
 
Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia disini adalah Kolam renang dan pemandian air panas alami yang mengandung Yodium tinggi. kebersihan dijaga serta kondisi bangunan yang cukup terjaga, sebuah pusat informasi yang terletak di dekat pintu keluar masuk, Fasilitas lain yang paling sering digunakan adalah serta kolam renang dengan kondisi yang baik dan kebersihan cukup. Sarana lain yang terdapat di taman ini adalah tempat parkir yang dapat menampung kendaraan pribadi atau sepeda motor. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah berenang dan terapi kesehatan.

Aksesibilitas
Untuk menuju ke Sangkanurip Alami ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 50 m dari jalan raya gerbang sangkanurip. Selain itu juga anda dapat berjalan kaki dan menggunakan ojek dengan dengan biaya Rp. 1.000-1.500, . Adapun kondisi jalan menuju kawasan linggarjati melalui Panawuan.






0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

New Comments




Nu_Imuts © 2010 Girant_Black Music is Designed by Girant_31 Supported by Qeu's 2006